Refleksi Terbimbing: Asah Keterampilan Murid Menulis dan Menyampaikan Gagasan Reflektif

Proses pembelajaran di tahun ajaran 2022/2023 sudah berjalan hampir empat bulan. Penerapan kurikulum merdeka juga sudah memasuki jilid ke-2 yaitu untuk kelas II (fase A) dan kelas V (fase C) bagi sekolah penggerak. Sekolah jalur mandiri baru menerapkan untuk kelas I dan kelas IV.

Pemberlakuan implementasi kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 tertuang dalam keputusan Meteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022.

Selain penerapan kurikulum merdeka, kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) juga baru terlaksana secara normal pada tahun ajaran ini. Adaptasi dalam proses pembelajaran baik murid maupun guru juga menjadi penting dalam pengelolaannya.

Kerjasama yang optimal tentunya akan menjadi hal yang penting demi terwujudnya pembelajaran yang berpihak pada murid. Murid dapat mengikuti pembelajaran dengan gembira dan termotivasi. Guru sebagai pemimpin pembelajaran dapat menuntun murid sesuai dengan kodratnya. Hal tersebut sesuai dengan cita-cita pada kurikulum merdeka.