Tuesday, 3 October 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
  • Home
  • Tajdid
  • STEM And Digitalisation (1): Refleksi Teachers Course di Nanyang Polytechnic Singapura
STEM And Digitalisation (1): Refleksi Teachers Course di Nanyang Polytechnic Singapura

STEM And Digitalisation (1): Refleksi Teachers Course di Nanyang Polytechnic Singapura

Hari ini, Senin 17 Juli 2023 saya berkesempatan untuk belajar secara langsung bersama Dr Judy Emily dari Nanyang Polytechnic (NYP) Singapore untuk mendalami model pendidikan STEM.

Metode pembelajaran berbasis STEM ini merupakan sebuah pendekatan pembelajaran abad 21 yang menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu problem.

Di hari pertama, kami beserta rekan-rekan guru hebat Muhammadiyah di lingkup nasional berjumlah 36 peserta berdialog bersama pihak Kampus Nanyang Polytechnic, Singapore untuk penguatan orientasi selama pelatihan yang dilaksanakan selama 2 pekan mendatang.

Sharing pengalaman bagaimana pengelolaan pembelajaran menjadi konsentrasi utama dalam pertemuan perdana tersebut. Pengalaman NYP dalam mengelola pembelajaran berbasis inovasi dan digitalisasi sangat bermakna bagi kami. Sepintas saya melihat profil aktivitas pembelajaran yang dilakukan di NYP berorientasi problem solver dan menjawab kebutuhan masyarakat Singapore.

Kami beruntung bisa berdialog langsung tentang hal tersebut. Bagaimana menciptakan peluang bagi siswa untuk mengembangkan entrepreneurship skills, kerangka pemecahan masalah di lingkungan sekitar, dan meningkatkan keterampilan di luar bidang akademik guna pengembangan kehidupan sosial dan ekonomi dapat dilakukan dengan model pendekatan STEM .

Singapura memang negara maju, dan negara ini membutuhkan keberlangsungan dan kemajuan teknologi untuk menopang kehidupan sosial dan ekonomi negara tersebut ditengah revolusi industri dan isu perubahan iklim sehingga Singapura membutuhkan inovasi-inovasi yang mendalam. Untuk menuju hal tersebut, pendidikan menjadi hal strategis dan pendekatan STEM ini menjadi pilihan dalam menjawab kebutuhan. Learning by doing is a good model of education di negara ini.

Kembali ke pelatihan yang kami lakukan, Dr Judy mengatakan kepada kami bahwa “Learning outcomes is understand how the learning environment at Nanyang Polytechnic for teaching STEM to be interesting and engaging for youths to establish a good foundation of knowledge in the sciences and to encourage youths to pursue a career in the sciences.”

Ini hal yang sangat berharga, karena kami dikenalkan secara langsung iklim pembelajaran yang di lakukan NYP dalam rangka menimba inspirasi pengembangan yang akan diterapkan di sekolah Muhammadiyah.

“STEM is critical to prepare our youths for the future,” ungkap Dr Judy. Karena, pengembangan model STEM dilakukan berdasarkan kontekstual dan kehidupan nyata, menggunakan teknologi dalam pelaksanaannya, merupakan kompetensi inti, keterampilan digital dan menggunakan keahlian antar disiplin ilmu serta penuh inovasi. Mewujudkan hal ini, diperlukan kurikulum yang fleksibel.

Setelah hari pertama yang merupakan awalan pengenalan program pelatihan, saya mencoba melakukan refleksi. Bahwa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dalam salah satu tujuan program unggulan “live in society” adalah mendidik dan melatih siswa untuk menjadi problem solver di masyarakat.

Siswa juga di dorong untuk melakukan inovasi-inovasi produk yang dibutuhkan masyarakat dalam ajang “Krenova”. Beberapa produk inovasi yang telah dihasilkan siswa SMA Muhammadiyah PK Kottabarat dan di antaranya meraih juara inovasi. Antara lain Jali Rempah, Teh Kulit Mentimun, Es Krim Kulit mentimun dan Tekucang yang merupakan hasil belajar siswa yang mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang bernilai ekonomi dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. (bersambung)

Ditulis oleh : Hendro Susilo (Pengajar di SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta)

INFORMASI TERKAIT

All
/ 2 Oktober 2023

Seru, SD Muh PK Kottabarat Datangkan Berbagai Jenis Binatang ke Sekolah

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Program parenting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyelaraskan pendidikan yang diperoleh di sekolah dengan pengajaran yang diterapkan di rumah. Program parenting penting didapatkan orang tua guna menambah...
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU