Dia Satu-satunya dan Tak Terhingga

“Dia satu-satunya dan tak terhingga. Tidak salah kalau kamu menyebutnya Tuhan. Apa lagi namanya kalau bukan itu?” -Thanos (“The Thanos Quest”, Marvel Comic 1990)

Simetri – Sempurna

“Cantik bukan? Seimbang dengan sempurna. Beginilah seharusnya semua hal.” Mungkin Anda setuju dengan kata-kata Thanos ini. Bahwa alam ini seharusnya seimbang dengan sempurna. Karena itu, terlepas dari kejahatannya memusnahkan setengah makhluk di alam semesta menggunakan Infinity Stones, sepertinya Thanos mempunyai niat yang mulia. Yaitu mengembalikan keseimbangan alam ini.

Tapi Thanos lupa bahwa dunia ini tidak ada yang sempurna. Karena yang sempurna hanya Tuhan. Sains menunjukan hal yang sama.

“Jika hukum alam ada dalam bentuk yang terlalu sempurna, atau simetris, maka kehidupan tidak ada sama sekali,” ujar Profesor Muchio Kaku, ahli fisika teori.

Ia mengilustrasikan jika kita berharap sebuah gangsing terus berputar dan tidak berhenti, dalam arti seimbang dengan sempurna. Tapi realitanya tidak. Bagaimanapun gangsing ini akan berhenti berputar.