Pengajaran Menentukan Kalimat Utama dengan Metode TAI

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra.

Kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan baik dan benar tentunya akan menumbuhkan rasa percaya diri ketika tampil di depan khalayak umum. Apresiasi terhadap hasil karya sastra akan memperhalus dan memperkaya pengalaman batin siswa. Hal ini senada dengan pendapat Akhadiah dkk (1991: 1). Ia menyatakan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia dengan situasi dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar.

Sejalan dengan perkembangan Kurikulum, tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia pun lebih kompleks. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdapat dalam Kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis teks bertujuan agar dapat membawa peserta didik sesuai dengan perkembangan mentalnya dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis.

Teks yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diambil dari muatan materi pelajaran lain. Dengan kata lain, pelajaran Bahasa Indonesia adalah penghela mata pelajaran lain. Siswa diajak untuk berpikir kritis dan menanggapi teks yang digunakan dalam pembelajaran sehingga mereka terbiasa menerapkan empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, menulis, dan berbicara) dengan baik dan benar.