Jejak Kebangsaan Muhammadiyah: Dulu, Kini, dan Mendatang

Ahad, 14 Agustus 2022 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta menggelar acara diskusi dan refleksi kemerdekaan dengan tema “Jejak Kebangsaan Muhammadiyah: Dulu, Kini, dan Mendatang.”

Tema ini sangat menarik untuk dikaji, mengingat banyak nilai dan inspirasi yang dapat digali dari tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa. Refleksi merupakan sebuah cerminan atau gambaran, kontemplasi ataupun perenungan dengan melihat kembali (merenungkan) untuk bisa membantu kita menjalani hidup yang lebih baik kedepannya.

Sebagai pengantar, mari kita sedikit tengok peran Muhammadiyah dalam merajut nasionalisme dan kebangsaan. Bangsa kita menjadi sebuah bangsa seperti sekarang ini tidak menjadi dengan sendirinya. Namun melalui proses yang teramat sangat panjang dan melelahkan. Sebelum bersatu, kita pernah tercerai-berai.

Kalau kita buka ulang catatan sejarah Muhammadiyah sebelum kemerdekaan, majalah Suara Muhammadiyah (SM) sudah berjuang menyemai rasa nasionalisme mulai tahun 1920-an melalui reportase dan tulisan yang dibuat.