SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Gelar PTS Berbasis Paperless

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SMK Muhammadiyah 4 Surakarta menggelar Penilaian Tengah Semester (PTS) berbasis paperless untuk mata pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA). Ujian paperless merupakan sebuah langkah nyata untuk mengurangi penggunaan kertas.

Guru SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Arga Bagus Handi Pradana menyebut bahwa dalam satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan. Di pagi hari, setiap siswa masuk kelas membawa smartphone masing-masing. Kemudian siswa menjalankan ujian secara daring melalui platform Google Form.

“Apabila siswa mengalami kendala di perangkat, sekolah menyediakan fasilitas leptop untuk dipinjamkan. Dalam keberlangsungan ujian, siswa tinggal mengisi jawaban dan jika terjadi trouble, otomatis jawaban masih tersimpan. Sehingga siswa tidak perlu mengulang pengerjaan dari awal lagi,” ujar Arga dilansir dari laman Dikdasmen PDM Surakarta.

Menurutnya, ujian berbasis paperless memiliki beberapa keuntungan. Antara lain waktu pengoreksian jauh lebih cepat dan efektif. Sehingga hasil ujian juga lebih cepat diketahui.