DIII Kebidanan ITS PKU menggelar KULIAH PAKAR

DIII kebidanan ITS PKU  Muhammadiyah Surakarta selasa, 21 Januari 2020 menggelar kuliah pakar dengan tema “Intervensi Holistik Kesehatan Reproduksi Sepanjang Daur Kehidupan Wanita” dengan Nara Sumber Siti Maryam, Amd. Keb CPHCT praktisi Holistik care dan Kesehatan Reproduksi di gedung rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Kuliah pakar diikuti mahasiswa DIII kebidanan sejumlah 54 mahasiswa. Disampaikan Weni Hastuti kegiatan ini dengan tujuan untuk     Meningkatkan Kompetensi  mahasiswa   Prodi  DIII Kebidanan  ITS  PKU Muhammadiyah  Surakarta   dalam perawatan Kesehatan reproduksi secara holistik dan Mencetak  Alumni  Prodi  DIII Kebidanan  ITS  PKU Muhammadiyah  Surakarta yang berjiwa interpreneur

Hak-hak reproduksi merupakan bagian dari hak asasi manusia yang diakui oleh hukum nasional, dokumen internasional tentang hak asasi manusia, dan dokumen-dokumen kesepakatan atau perjanjian lainnya. Hak-hak ini menjamin hak-hak dasar setiap pasangan dan individu untuk memutuskan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah, jarak, dan waktu memiliki anak dan untuk memperoleh informasi dan juga terkandung makna memiliki hak untuk mmperoleh standar tertinggi dari kesehatan reproduksi dan seksual. Juga termasuk hak mereka untuk membuat keputusan menyangkut reproduksi yang bebas dari diskriminasi, perlakuan sewenang-wenang, dan kekerasan.

Wanita  sebagai bagian dari umat manusia termasuk kelompok yang memiliki hak-hak reproduksi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia.  Setiap wanita harus memperhatikan kekhususan kebutuhan penanganan sistem reproduksi pada setiap fase kehidupan, serta kesinambungan antar fase kehidupan tersebut. Tentunya  masalah kesehatan reproduksi pada setiap fase kehidupan dapat diperkirakan, yang bila tidak ditangani dengan baik maka hal ini dapat berakibat buruk pada masa kehidupan selanjutnya.