SD Muh PK Kottabarat Terapkan Pembelajaran Praproyek Model Investigasi Kelompok

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Praproyek merupakan kegiatan pembelajaran yang terintegrasi untuk meningkatkan kreatifitas murid dalam mencipta dan memecahkan masalah. Sebagai wujud pengamalan kompetensi dan karakter yang tertuang dalam profil pelajar Pancasila.

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting
dimiliki murid dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan murid dalam mencipta dan memecahkan masalah, perlu ketepatan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan.

Andi Arfianto, guru Matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, memilih menerapkan pembelajaran praproyek melalui model investigasi kelompok sebagai alternatif meningkatkan kreatifitas dalam mencipta dan pemecahan masalah. Pembelajaran ini selaras dengan pengembangan profil pelajar Pancasila dalam materi kelipatan persekutuan, Kamis (22/9/2022).

Menurut Andi, model pembelajaran investigasi merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan murid secara maksimal mulai dari merencanakan topik yang akan dipelajari hingga melakukan presentasi secara kelompok.