Peduli Kesehatan Anak Didik, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Implementasikan Kantin Sehat

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta telah memiliki kantin dengan konsep yang sehat. Kantin sehat itu mulai dikelola dengan baik sejak tahun 2015.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Sri Sayekti menyebut ada beberapa kriteria kantin sehat di sekolah. Pertama, memiliki sanitasi yang higenis sesuai standar kesehatan. Kedua, makanan yang disajikan adalah makanan beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA). Ketiga, melibatkan pihak luar. Seperti dinas kesehatan, rumah sakit, dan perguruan tinggi.

Menurutnya, sentra jajanan/kantin sebagai salah satu unsur penunjang di institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menyediakan pangan yang aman dan sehat dalam mewujudkan generasi yang hebat, sehat dan tangguh.

“Berdirinya kantin ini diawali kekhawatiran terhadap kondisi kesehatan anak didik yang semakin menurun akibat dari tidak dilaksanakannya perilaku hidup bersih dan sehat. Baik di sekolah maupun di rumah,” ujarnya dalam kegiatan Workshop Nasional Higiene Sanitasi Kanti Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi yang digelar oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Selasa (9/8/2022).