Tim Pengabdian Masyarakat UMS Bantu Sistem Pengelolaan Keuangan Bumdes di Klaten

KLATEN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang dipimpin Ihwan Susila, Ph.D, dengan anggota, Andy Dwi Bayu Bawono, Ph.D dan Heppy Purbasari, SE, MM, Ak, CA melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melihat dari dekat potensi ekonomi dan persoalannya di desa wisata wilayah Klaten. Selama hampir sepuluh bulan, tepatnya Pebruari 2020 ke tiga dosen senior bidang ekonomi itu berinteraksi dengan warga Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten. ‘’Kami mencoba memberikan pendampingan dan pengabdian utamanya tentang pengelolaan keuangan desa,’’ papar Ihwan Susila yang juga Wakil Rektor (WR) III, UMS bidang kemahasiswaan, kemarin. Kebetulan, Pemerintah dan Masyarakat Sidowayah merupakan pemilik Bumdesa ‘’Sinergi’’.

Sebagaimana diketahui, Bumdesa “Sinergi” yang berlokasi di desa wisata itu memiliki beberapa unit kegiatan yang terdiri dari unit usaha yaitu: unit Kampung Dolanan Sidowayah (KDS), unit Umbul Temanten, unit Pertanian, unit Si Blarak, unit Rumah Kemasan, unit Jasa Layanan, dan unit Peternakan. Persoalannya, sejak awal berdiri 2016, hingga unit-unit usaha tersebut terbentuk, Bumdesa “Sinergi” masih melakukan pencatatan akuntansi dengan program Ms. Excel sehingga proses pencatatan akuntansi dan laporan keuangannya, belum dapat dilaksanakan secara memadai, terintegrasi dan real time. Persoalan itulah, yang terekam dalam program kegiatan tim pengabdian. ‘’Sebagai luaran pengabdian itu, kami mencoba membuat sistem pengelolaan keuangan Bumdes yang lebih efektif dan efisien,’’ jelas Andi Bawono dan Happy Purbasari, kompak.

Selain itu, lanjut ke duanya, sistem tersebut diharapkan dapat membantu Bumdesa “Sinergi” untuk dapat menghasilkan laporan posisi keuangan setiap saat agar dapat digunakan oleh berbagai pihak khususnya pemerintah dan masyarakat Desa Sidowayah selaku pemilik Bumdesa. ‘’Karena pendampingan dan pengabdian kami sudah selesai, kami serahkan sistem penggelolaan keuangan itu kepada pihak Desa Sidowayah,’’kata Andi.
Pada Rabu 15 Desember 2021, system pengelolaan keuangan BUMDESA pun diserahkan kepada Bumdesa “Sinergi” Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Sistem pengelolaan keuangan BUMDESA tersebut merupakan luaran atas pengabdian masyarakat pendampingan atas pengelolaan keuangan BUMDesa yang telah dimulai pada bulan Februari 2020.

Dengan Sistem tersebut, Bumdesa “Sinergi” diharapkan dapat melakukan penyusunan akuntansi dan pelaporan keuangan secara efektif dan efisien. Penyerahan system pengelolaan keuangan BUMDESA dilakukan di ruang Bumdesa Sinergi dan dihadiri oleh Tim Pengabdian Masyarakat UMS, pengurus Bumdesa dan Kepala Desa Sidowayah, Mujahid Jaryanto. Pada kesempatan tersebu, Mujahid Jaryanto menyampaikan terima kasih kepada tim pengabdian masyarakat dan diharapkan sistem pengelolaan keuangan Bumdesa dapat meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelaporan keuangan pada Bumdesa Sinergi. (*)