Tuesday, 3 October 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Wujudkan Profil Pelajar Pancasila, SD Muh PK Kottabarat Adakan Gelar Karya dan Market Day

Wujudkan Profil Pelajar Pancasila, SD Muh PK Kottabarat Adakan Gelar Karya dan Market Day

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rayakan panen hasil belajar Kurikulum Merdeka, murid kelas I dan IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyelenggarakan pameran hasil karya dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan market day. Kegiatan ini dilaksanakan di kompleks sekolah setempat, Selasa (20/6/2023).

“Melalui kegiatan yang bertemakan “Terus Berkarya, Terus Produktif, Tumbuhkan Kreativitas” diharapakan dapat mengembangkan karakter murid yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, dan kreatif,” ungkap Andi Arfianto, ketua pelaksana gelar karya.

Andi menambahkan pameran gelar karya semester genap kali ini terasa berbeda karena tema yang diusung untuk kelas 1 Kewirausahaan dengan subtema “Makanan Tradisional” sedangkan kelas IV bertemakan Gaya Hidup Berkelanjutan dengan subtema “Pemanfaatan Daur Ulang Sampah”.

Sebagai wujud aksi nyata serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas bagi murid, pameran gelar karya juga diiringi dengan kegiatan market day.

Ayu Retnoningsih Rahayu Sunarsih, penanggungjawab kegiatan market day, menyampaikan kolaborasi kegiatan gelar karya dan market day menjadi sangat unik dan menarik bagi murid. Hal ini karena barang yang diperjualbelikan tidak hanya berupa makanan dan mainan pabrikan tetapi hasil karya yang diciptakan saat pembelajaran projek berlangsung.

“Kami hanya memberikan wadah dari setiap proses dan langkah kecil yang dilakukan murid, support system yang apik dari berbagai pihak akan memberikan hasil yang optimal dari pengalaman belajar para murid,” imbuhnya di sela-sela memandu acara.

Pameran gelar karya yang ditampilkan murid kelas I merupakan kontekstualisasi aksi dalam pembelajaran projek setiap minggunya. Hasil panen yang digelar berupa olahan makanan dari golongan umbi-umbian seperti kripik talas, singkong, ketela rambat, dan kentang.

Sedangkan tampilan gelar karya kelas IV berupa pengolahan dan pemanfaatan limbah barang bekas diantaranya: bingkai foto, tempat pensil, hiasan dinding, vas bunga, bros, gelang, gantungan kunci, dll. Dengan mengaplikasikan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) produk yang dihasilkan murid memiliki nilai artistik, kreatif, dan berdaya jual.

Diungkapkan Retno Indriyanti, selaku koordinator tim kelas IV, sampah saat ini menjadi sorotan dunia, sejak dini murid harus dibekali bagaimana cara mengolah sampah dengan kreatif dan bijak dalam pemanfaatannya.

“Pengurangan dan daur ulang sampah plastik akan memberikan kita keberlangsungan hidup yang sehat dan layak. Tak salah rasanya, kampanye 3R selalu digaungkan untuk menyelamatkan bumi kita,” terangnya.

Ditulis oleh : Nikmah Hidayati (Kaur Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat)

INFORMASI TERKAIT

All
/ 2 Oktober 2023

Seru, SD Muh PK Kottabarat Datangkan Berbagai Jenis Binatang ke Sekolah

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Program parenting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyelaraskan pendidikan yang diperoleh di sekolah dengan pengajaran yang diterapkan di rumah. Program parenting penting didapatkan orang tua guna menambah...
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU