Thursday, 28 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Tampilkan Berbagai Produk, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Karya 5P

Tampilkan Berbagai Produk, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Karya 5P

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COMSMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta sukses mengadakan gelar karya 5P pada hari Sabtu (10/6/2013). Bertempat di Transmart Pabelan gelar karya 5P pada tahun ini mengangkat tema Nyawiji ing Karya Migunani Tumrap Bangsa yang bermakna bersatu dalam karya, bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Upik Mairina, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah PK Kottabarat mengungkapkan bahwa tujuan dari tema tersebut ialah supaya karya dapat mewujudkan kesatuan dan kebermanfaatan bagi nusa dan bangsa.

“Karya yang ditampilkan pada hari ini merupakan hasil usaha yang sudah dilakukan sejak awal semester 2, mari kita nikmati dan syukuri bersama,” ujarnya.

Salah satu acara inti pada gelar karya 5P yaitu peresmian Jurnal Humaniora oleh Yatimun, Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Surakarta. Jurnal Humaniora berisi hasil observasi siswa selama kegiatan Live in Society di Dusun Pancot, Tawangmangu, Karanganyar.

Gelar Karya 5P dihadiri oleh pengawas sekolah Abdul Munif. Ia menyampaikan bahwa produk yang ditampilkan sudah luar biasa.

“Dari hasil olahan rempah, ada yang berupa jelly ataupun jamu merupakan kolaborasi yang luar biasa, dan terutama siswa dapat mengomunikasikan kepada masyarakat,” ujar Munif.

Gelar karya 5P pada kesempatan kali ini mengangkat produk kewirausahaan dan kearifan lokal. Pada produk kewirausahaan setiap kelompok dibekali beberapa ilmu marketing dan penentuan harga. Selain itu, kearifan lokal diwujudkan dalam produk jamu setelah kunjungan di B2P2TOOT dan kegiatan Live in Society di Pancot.

Gelar karya kali ini juga dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari siswa kelas 10 berupa Tari Saman, Solo Piano, Wayang, Tapak Suci dan Grup band. Salah satu siswi kelas X, Nashira atau biasa disapa Shira mengaku sangat bahagia setelah proses panjang selama satu semester.

“Setelah mengikuti proses yang panjang, akhirnya kita bisa menampilkan karya yang telah kita usahakan dan sangat puas sekali tentunya,” jelasnya.

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...
/ 20 Agustus 2023

Proyek P5 Kebhinekaan Global: Mengenal Konsep Pagelaran Budaya Indonesia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Budaya merupakan suatu hasil cipta karya dan karsa pada lingkungan masyarakat. keberadaan budaya memiliki suatu ciri khas yang terdapat pada suatu daerah. Keberadaan budaya yang beraneka ragam...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU