Jelang Muktamar, RS PKU Muhammadiyah Solo Peduli Lansia Sehat

 

SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM –  RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan BAKTI UNTUK NEGERI “Peduli Lansia Sehat” di Taman Parkir Karyawan RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam rangka sambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 dan memeriahkan Milad ke-95 RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Sabtu 15 Oktober 2022.

Sebanyak 108 lansia dari perwakilan 5 RW Kelurahan Timuran Banjarsari mulai datang ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta sejak Pukul 08.00 WIB untuk dilaksanakan screening atau pemeriksaan tensi, berat badang, cek darah sederhana (asam urat, gula darah dan kolesterol) oleh petugas RS untuk memastikan kesehatan para lansia, untuk kemudian dilanjutkan dengan senam anti stroke yang dilakukan untuk dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan penyuluhan kesehatan bersama dr. Retno Suryaningsih, Sp.PD-KGH (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS PKU Muhammadiyah Surakarta) dengan tema tentang HIPERTENSI.

Dalam paparannya dr. Retno menyampaikan bahwa resiko tertinggi terkena penyakit hipertensi adalah karena factor keturunan genetik, gaya hidup tidak sehat, kegemukan, kolesterol tinggi, perokok, peminum alcohol, dan konsumsi garam berlebih. Pentingnya bagi para penderita hipertensi hendaknya menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga rutin dan diet yang seimbang, pengelolaan stress, pantang alcohol dan rokok, pembatasan natrium garam, kontrol rutin ke dokter dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter.