Terapkan Model PBL untuk Mengasah Keterampilan Pemecahan Masalah

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLOC.COM – Ditinjau dari aspek kurikulum, pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran Matematika, alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika adalah dengan penerapan Problem Based Learning (PBL).

Model pembelajaran PBL merupakan contoh cerminan merdeka belajar. Pembelajaran bisa didesain di luar kelas, sehingga suasana menjadi berbeda dari biasanya. Murid bisa bereksplorasi dengan optimal secara individu maupun kelompok

Andi Arfianto, guru Matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, menerapkan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran Matematika. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah bagi murid, sebagai wujud penerapan dalam kehidupan sehari-hari pada materi bilangan prima, Selasa (4/10/2022).

Menurut Andi, PBL merupakan model pembelajaran pemecahan masalah di mana murid dituntut mampu memecahkan masalah tersebut secara kooperatif. PBL merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan murid secara maksimal mulai dari orientasi pada masalah hingga melakukan analisis dan mengevaluasinya.