Sofyan Anif: UMS Pasarnya Tidak Hanya Mahasiswa Dalam Negeri Saja, Tetapi Juga Luar Negeri

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta . Hal ini dapat dilihat dari aspek di dalamnya, seperti akreditasi tiap universitas, melihat program sarjana dan pasca sarjana, serta metode pengajaran baik secara tatap muka, hybrid, dan pembelajaran jarak jauh.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., saat diwawancarai setelah menerima kunjungan dari Menpora RI Senin (20/6/2022), menyampaikan rasa syukurnya karena UMS masih menjadi Perguruan Terbaik Islam ke-3 Dunia dan ini bukan yang pertama kali, tetapi sudah yang ke dua. Kali pertama tahun 2021 dilanjut 2022 dengan posisi peringkat yang sama, 3 terbaik dunia.

“Keunggulan untuk mendapatkan peringkatan itu dapat dilihat dari instrumen penilaian, mulai dari program yang dijalankan, Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari dosen, tenaga pendidik maupun mahasiswa yang menulis publikasi Internasional, dan riset yag dilakukan,” papar Sofyan.

Menurutnya, alumni memiliki dampak yang besar bagi pemeringkatan ini, alumni akan dilihat dari masa belajarnya yang pendek, dan dari lulus sampai mendapatkan pekerjaan memiliki waktu tunggunya pendek, itu menjadi salah satu ukuran.