Thursday, 21 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Belajar Pemanfaatan Sampah Plastik

Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Belajar Pemanfaatan Sampah Plastik

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Plastik merupakan bahan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena sifatnya yang ringan, kuat, transparan, tahan air serta harganya yang relatif terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Namun, di balik kelebihan yang dimilikinya, pemanfaatan plastik yang kurang bijak menyimpan potensi bencana ekologis di masa depan.

Peningkatan penggunaan plastik untuk keperluan rumah tangga berdampak pada peningkatan timbunan sampah plastik. Tak heran, edukasi terkait pengolahan dan pemanfaatan sampah plastik saat ini terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan murid kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, dalam rangka menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”, murid melakukan kunjungan pengamatan dan pemanfaatan sampah plastik di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo Solo dan CV Prasetyo Agung Plastik Mojosongo, Jumat (17/2/2023).

Andi Arfianto, selaku ketua pelaksana kegiatan, menyampaikan tujuan kegiatan outing project ini agar murid mengetahui proses pengolahan dan pemanfaatan sampah menjadi barang baru yang bernilai ekonomis tinggi.

“Identifikasi awal pemilahan jenis sampah merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui murid. Dengan kegiatan ini, diharapkan murid mampu memanfaatkan sampah yang ada di lingkungan sekitar menjadi bahan seni kreativitas dan barang layak guna,” imbuhnya.

Selanjutnya, Andi menjelaskan urutan kegiatan outing project. Pertama, murid dibagi menjadi tiga kelompok. Secara bergiliran murid akan menempati pos-pos pengamatan yaitu pos identifikasi jenis sampah, pos proses pembuatan biji plastik, dan pos pembuatan briket untuk pembangkit tenaga listrik.

Kedua, murid menuliskan hasil temuannya melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sudah dipersiapkan.

Ketiga, murid melakukan refleksi terbimbing sesuai hasil temuan yang tertulis di LKPD. Dengan arahan guru dan petugas PLTSa, murid melakukan kroscek data antara hasil temuan dan data yang terdapat di lokasi pengamatan.

“Saat panen gelar karya P5 nanti, setiap murid akan memamerkan hasil karya sesuai pilihan dan kreativitas dari pemanfaatan sampah yang berada di lingkungan sekitar. Tentunya, seluruh rangkaian pembelajaran projek kali ini dapat terselenggara karena bantuan dan kerja berjemaah yang apik dari orang tua / wali murid kelas IV,” jelasnya.

Salah satu murid kelas IV, Julius Nugraha, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada guru dan teman-teman sekolah karena bersedia mengunjungi pabrik pengolahan daur ulang plastik usaha milik keluarganya.

“Teman-teman bisa mengamati secara langsung proses pembuatan biji plastik dan briket sampah pembangkit tenaga listrik. Ini salah satu usaha untuk mengurangi tumpukan sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo. Kita tahu sampah plastik tidak dapat terurai secara alami, butuh waktu 80 tahun supaya terdegradasi secara sempurna di dalam tanah,” pungkasnya.

Ditulis oleh : Nikmah Hidayati (Kaur Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta)

INFORMASI TERKAIT

All
/ 20 September 2023

Belajar Praktik Pengolahan Sampah, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta

  SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Kegiatan belajar mengajar tak terbatas pada ruang kelas. Outing class menjadi sarana pembelajaran yang tidak sekedar mengedepankan teori, tetapi berdasarkan pembuktian praktik di lapangan secara langsung....
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU