SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Parents Day Cegah Bullying

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Sejumlah 84 murid kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Parents Day di Ruang An Nafi’ sekolah setempat, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan Parents Day ini menghadirkan narasumber Deddy Suryawan dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surakarta dan perwakilan pengurus komite kelas IV sebagai fasilitator kegiatan ini.

Deddy Suryawan mengawali kegiatan ini dengan diagnostik awal. Murid diminta untuk menempelkan stiker pernah dan tidak pernah di papan yang bertajuk “Saya Pernah Memanggil Teman Saya dengan Nama Julukan”. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tepuk hak anak di antaranya hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi.

Materi awal dimulai dengan pemaparan masalah yang dihadapi anak zaman sekarang. Di antaranya kurang percaya diri, labil, lebih suka budaya asing, bullying, dan berhadapan dengan hukum.