Tuesday, 18 May 2021
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
  • Home
  • Berita
  • Tim Medis MDMC Layani Warga Terisolir
Tim Medis MDMC Layani Warga Terisolir

Tim Medis MDMC Layani Warga Terisolir

 

MAJENE, MUHAMMADIYAHSOLO.COM- Tim medis MDMC hari Kamis  (21/01) mendapat tugas dari pusat krisis BNPB untuk gempa Majene melaksanakan layanan kesehatan bagi warga Desa Tandeallo, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Desa Tandeallo yang terdiri dari 9 dusun sejak gempa tanggal 15 Januari 2021 silam terisolir oleh longsoran tebing.

Akibatnya akses warga menuju jalan utama Mamuju Majene yang berjarak sekitar 20 km terputus. Sementara desa terdekat berjarak sekitar 6 kilometer dengan kondisi ruas jalan banyak yang rusak.

Untuk mencapai Tandeallo, tim MDMC difasilitasi helikopter BNPB yang terbang dari lapangan Tammajarra, Korem 142 Taroado Taroagu. Tim MDMC berangkat bersama dua tim dari lembaga kemanusiaan lain.

Tim yang terdiri dari Wildan Firmansyah dokter MDMC asal Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang dibantu perawat Imam Fitrianto membuka layanan di dusun Taukong, Desa Tandeallo.

Wildan mengatakan warga Taukong yang sempat terisolir beberapa hari sangat membutuhkan layanan pemeriksaan kesehatan.

“Di dusun Taukung ada puskesmas pembantu, namun rusak berat oleh gempa. Akibatnya warga yang sakit tidak bisa mendapat layanan kesehatan,” katanya.

Wildan menambahkan dia akan bertugas selama dua hari di Tandeallo dan di hari pertama langsung memberikan layanan untuk 40 warga.

“Warga yang berobat rata-rata mengeluhkan batuk, pilek, tekanan darah tinggi, gatal-gatal dan sakit mata,” imbuhnya.

Meskipun Desa Tandeallo tidak mengalami kerusakan parah, namun warga masih merasa trauma akibat gempa yang terjadi. Banyak dari mereka memilih tidur diluar rumah saat malam hari.

Sementara akibat putusnya akses jalan menyulitkan warga menenuhi berbagai macam kebutuhan. Mereka mengandalkan bantuan yang dibawa helikopter BNPB.

(Tim Media MDMC)

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 28 Januari 2021

Menteri Kabinet Indonesia Maju Kunjungi Pos Koordinasi Muhammadiyah Di Mamuju

  Mamuju, MUHAMMADIYAHSOLO.COM- Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju mengunjungi Pos Koordinasi (Poskor) Muhammadiyah untuk tanggap darurat gempa Sulawesi Barat di Masjid Fastabikhul Khairat, Gedung Dakwah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Jalan Sukarno...
/ 26 Januari 2021

Tanggap Darurat Banjir, MDMC Kalimantan Selatan Didukung Layanan Internet Gratis

  KALIMANTAN SELATAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Hingga hari ini Selasa (26/01) Muhammadiyah melalui MDMC Kalimantan Selatan masih terus melaksanakan respon tanggap darurat banjir Kalimantan selatan. Meski di beberapa tempat banjir sudah surut, namun...
MDMC JATENG TERJUNKAN TIM ALFA RESPON BENCANA GEMPABUMI KE MAMUJU SULAWESI BARAT
Tak Berkategori
/ 19 Januari 2021

MDMC JATENG TERJUNKAN TIM ALFA RESPON BENCANA GEMPABUMI KE MAMUJU SULAWESI BARAT

    SEMARANG, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Indonesia kembali diguncang gempabumi. Kali ini gempabumi melanda Provinsi Sulaweai Barat. Gempa pertama terjadi pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 13.35 WIB dengan kekuatan M.5,9 pada kedalaman...
/ 15 Januari 2021

Sulawesi Barat Diguncang Gempa, Muhammadiyah Kerahkan Sumber Daya

  YOGYAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Merespon gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi Sulawesi Barat, Jum’at (15/01) pukul 02.28 WITA dini hari, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah segera berkoordinasi untuk melaksanakan kegiatan...
LLHPB  Aisyiyah se Jawa Tengah Siapkan Aksi Menanam Pohon pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia
Tak Berkategori
/ 27 November 2020

LLHPB Aisyiyah se Jawa Tengah Siapkan Aksi Menanam Pohon pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia

    SEMARANG,MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi LLHPB Pimpinan Daerah Aisyiyah se Jawa Tengah dalam rangka mempersiapkan Peringatan Hari Menanam...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO