Thursday, 21 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
  • Home
  • Berita
  • Guru Besar UMS Berikan Masukan untuk Draft Revisi UU Penyiaran
Guru Besar UMS Berikan Masukan untuk Draft Revisi UU Penyiaran

Guru Besar UMS Berikan Masukan untuk Draft Revisi UU Penyiaran

 

SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyelenggarakan seminar nasional untuk mendapatkan masukan dari publik terkait dengan draft revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran (16/6).

Dalam seminar yang diselenggarakan di Monumen Pers Nasional, Guru Besar UMS di bidang Hukum Tata Negara yang sekaligus sebagai Komisi Pakar Aliansi Jurnalis Video (AJV) Prof., Dr., Aidul Fitriciada Azhari, S.H., M.Hum menjadi salah satu narasumber untuk memberikan masukan terhadap draft UU Penyiaran yang sedang disusun.

Dalam seminar tersebut, Aidul Fitriciada memberikan masukan-masukan kepada KPI untuk ditambahkan ke dalam UU Penyiaran.

“Di dalam UU Penyiaran ada empat macam lembaga penyiaran: publik, swasta, komunitas, berlangganan. Apakah mungkin ditambahkan lembaga penyiaran baru,” ujar Aidul Fitriciada.

Lembaga penyiaran baru tersebut khusus akan mengatur tentang media baru.

Dia juga menyarankan KPI sebaiknya menyusun kode etik dan pedoman perilaku, karena dalam draft revisi undang-undang tersebut hanya tertulis pedoman perilaku.

Secara rinci, Aidul yang juga mantan Ketua Komisi Yudisial itu memberikan beberapa usulan dalam draft revisi UU Penyiaran berupa:

1. Penambahan tentang lembaga penyiaran
2. Penyesuaian perizinan sesuai dengan UU Ciptaker, dengan memasukkan perizinan media baru dengan perizinan risiko rendah
3. Penyusunan kode etik dan pedoman perilaku

“Direncanakan media baru akan masuk ke UU Penyiaran, karena mau tidak mau perkembangan terakhir misalnya perkembangan podcast. Podcast itu kan luar biasa, bahkan pada beberapa hal sudah sampai komersial, jadi ada dampak. Itu harus diatur,” terangnya.

Selain menghadirkan Komisi Pakar AJV, panitia juga mengundang Komisioner KPI Pusat 2019-2022 Mulyo Hadi Purnomo sebagai narasumber dalam seminar tersebut. Sejumlah mahasiswa juga turut hadir dan memberikan masukan-masukan untuk revisi UU Penyiaran yang telah disusun dari tahun 2012.

Dalam seminar tersebut, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Dr. Abdul Kharis Almasyhari berharap mendapatkan masukan-masukan, dan draft UU Penyiaran akan dapat segera disahkan.

Abdul Kharis menargetkan sebelum pemilu sudah selesai membahas dengan pemerintah, kemudian setelah pemilu akan disinkronisasi dan diharapkan sudah dapat diterapkan.

“Semoga sebelum bulan Mei (2024), undang-undang ini sudah bisa digunakan,” harapnya.

Dia juga menyampaikan, masukan-masukan yang diberikan oleh publik nantinya akan dibahas kembali. (*)

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 10 Juli 2023

Seminar Nasional MIH UMS, Hakim Konstitusi Harus Paham Nilai-Nilai Pancasila

SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Magister Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (MIH UMS) menyelenggarakan seminar nasional dengan menggandeng Mahkamah Konstitusi (MK). Seminar  dilangsungkan di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS dengan...
/ 15 Juni 2023

Jelang Pemilu 2024, Sekolah Pascasarjana UMS Gelar Interdisclipinary Sharing

  PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Seminar Interdisclipinary, Sharing Pemilu 2024 Antara Politik Identitas dan Kuasa Oligarki, dengan pembicara Prof., Dr., Aidul Fitriciada Azhari, S.H.,...
/ 13 Juni 2023

M Ikhwan Ahada Ketua PWM DIY Raih Gelar Doktor setelah Meneliti Kepemimpinan Pak AR Fachruddin

YOGYAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Muhammad Ikhwan Ahada, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY) menjalani Ujian Disertasi Terbuka Promosi Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam bidang Psikologi Kepemimpinan Islam...
/ 10 Juni 2023

Tes Online PMB UMS dari Rumah Masing-Masing, Terdapat Peserta dari Qatar

  SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara online dari rumah masing-masing peserta, Sabtu (10/6). Pada tes online pertama kali...
/ 2 Juni 2023

Dukung Difabel Berdaya, MPKS PWM DIY Selenggarakan Musyawarah

  YOGYAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Bertempat di kampus 2B UAD Yogyakarta, Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Musyawarah Wilayah ke-1 Himpunan Disabilitas Muhammadiyah (HIDIMU)...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU