Tuesday, 3 October 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
  • Home
  • Berita
  • Guru SD Muhammadiyah 1 Solo Terima Syahadah Standarisasi Dai
Guru SD Muhammadiyah 1 Solo Terima Syahadah Standarisasi Dai

Guru SD Muhammadiyah 1 Solo Terima Syahadah Standarisasi Dai

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Jatmiko, Wakil Kepala Sekolah Penggerak Berkemajuan bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, terima syahadah standarisasi dai (SSD) Majelis Ulama Indonesia (MUI) tertanda tangan Ketua MUI KH M Cholil Nafis LC PhD dan Ketua Komisi Dakwah KH Ahmad Zubaidi MA, yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia pada bulan, 25 Jumadil Awal 1444 Hijriyah bertepatan 19 Desember 2022 di Jakarta lalu.

”Alhamdulillah atas dukungan kepala sekolah Hj Sri Sayekti, 4 Wakil Kepala Sekolah dan warga sekolah telah menerima syahadah standarisasi dai dari Majelis Ulama Indonesia yang di gelar di Jakarta tahun 2022,” terang Jatmiko, sambil tersenyum, Kamis (26/1/2023).

Program standardisasi dai itu adalah respons positif terhadap sejumlah fakta yang memprihatinkan. Sekedar contoh, bacaan ayat dan hadisnya bermasalah, kontennya tidak sesuai ajaran Islam, aktivitas dakwahnya menyesatkan, dan lain sebagainya.

“Aktivitas dakwah via media massa dan media sosial, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, Twitter, ditengarai kurang bernilai edukasi. Justru menebar ujaran kebencian, hoaks, provokasi, fitnah, adu domba, berorientasi radikalisme destruktif misalnya,” beber guru PAI tersebeut.

Jika dakwah dan etika dakwah, termasuk dakwah digital, sering diabaikan. Komunikasi persuasif, santun, dan edukatif kurang diindahkan. Layanan dakwah diberikan berdasarkan tarif tertentu.

Bahkan, dakwah juga dipolitisasi untuk mendukung atau menjatuhkan calon tertentu yang berkontestasi dalam pilihan presiden atau pilihan kepala daerah.

“Maka standardisasi dai sangat penting. Bertujuan menyamakan persepsi dan pemikiran di kalangan para dai. Terutama tentang substansi dan aksi dakwah yang menyejukkan, mendamaikan, mencerdaskan, dan mencerahkan,” ucapnya.

Koordinasi dan kolaborasi gerakan dakwah antara dai umat Islam dan pemerintah di era industri 4.0 menuju masyarakat society 5.0, imbuhnya, akan membuahkan sinergi simbiosis mutualisme dalam mengembangkan dakwah berwawasan kebangsaan sekaligus merupakan moderasi dalam beragama.

“Dakwah itu menebar rahmat, bukan mengumbar kebencian. Mari tergerak, bergerak dan menggerakkan. Cemerlangkan sejuta Ummat, Cerdaskan Bangsa menjadi yang terbaik dalam prestasi dunia akhirat. Biasanya untuk kegiatan peduli agama dengan syiar pernah di Radio Solopos fm, Radio PPI Solo, RRI Pro 1 Surakarta dan komunitas peduli agama, sistem, manusia dan lingkungan,” pungkasnya.

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 23 September 2023

Sekolah yang Baik Percontohan Sekolah Sehat

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SD Muhammadiyah 1 Ketelan terima tim Verifikator Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023. Kepala Sekolah Sehat, Sri Sayekti menyambut baik verifikasi tersebut, Senin (18/9/2023). Menurutnya, latar belakang Kota Sehat...
/ 18 September 2023

BUM Smart SD Muhammadiyah 1 Solo Diresmikan

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Badan Usaha Milik SD Muhammadiyah 1 Solo diresmikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta KH Drs Anwar Sholeh MHum, Jumat (15/9/2023). Peresmian ini di sela acara...
/ 18 September 2023

Milad Ke-88, SD Muhammadiyah 1 Solo Menggelar 24 Pentas Seni Pelajar Pancasila

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, mengungkapkan rasa syukurnya karena SD Muhammadiyah 1 Surakarta telah menjadi sekolah penggerak diusianya yang sudah 88 tahun pada tanggal 16 September 2023....
/ 7 September 2023

Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Sekolah Penggerak Berkemajuan (SPB) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta atau dikenal dengan nama SD Muh 1 meluncurkan 24 kelas inspirasi, Selasa (5/9/2023). Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti...
/ 4 Juli 2023

Melek Teknologi, Kolaborasi dan Berprestasi

SOLO,  MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SD Muhammadiyah 1 Ketelan Kota Surakarta Jawa Tengah menyelenggarakan workshop peningkatan kualitas pembelajaran melalui refleksi rapot satuan pendidikan di Grand HAP Solo Hotel, Sabtu (1/7/2023). Majelis Pendidikan...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU