Kenalkan Potensi Ekonomi Daerah Melalui Field Trip SD Muhammadiyah PK Kottabarat

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Sejumlah 82 murid kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip di Magelang, Sabtu (22/10/2022). Ada dua tempat yang menjadi objek kunjungan, yakni desa wisata gerabah dan Sungai Elo.

Objek pertama yang dikunjungi siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat adalah kawasan Desa Wisata Gerabah, Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kegiatan di tempat ini dipandu langsung oleh pemilik usaha gerabah, Siti Ayu.

Ayu mengawali kegiatan dengan menjelaskan secara umum awal mula pembuatan gerabah di desanya. Desa yang berjarak tiga kilometer dari Candi Borobudur ini menyimpan cerita masa lalu tentang perkembangan gerabah di Jawa Tengah. Keberadaan para pengrajin gerabah yang menghasilkan beragam produk gerabah sangat membantu perekonomian masyarakat Magelang.

SD Muhammadiyah PK Kottabarat
Field Trip SD Muhammadiyah PK Kottabarat

Usai mendengarkan penjelasan umum terkait gerabah, murid kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok putri berkesempatan praktik secara langsung membuat gerabah sesuai dengan pilihannya. Ada yang membuat cangkir, piring, mangkok, tempat lilin, candi, dan peralatan lainnya.