Belajar Matematika Asyik dengan Media BMB

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Penggunaan media dalam pembelajaran Matematika merupakan bagian dari metode menggabungkan fakta dan ide-ide untuk menjelaskan materi. Dengan penggunaan media diharapkan pengetahuan dan pemahaman murid tentang konsep-konsep Matematika semakin baik. Selain itu dapat menumbuhkan minat dan motivasi murid untuk belajar Matematika.

Andi Arfianto, guru matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, memilih menggunakan media BMB sebagai alternatif dalam menjelaskan konsep faktor bilangan, Rabu (10/8/2022). BMB merupakan akronim dari Bilangan Motif Bunga.

Menurut Andi, pemilihan media BMB akan efektif membantu murid dalam memahami konsep faktor bilangan. Selain itu, dengan BMB murid akan lebih termotivasi dalam belajar Matematika secara individu maupun kelompok.

“Desain media BMB menggunakan kardus berukuran 15 cm x 30 cm berbentuk persegi panjang. Dilengkapi dengan gelas minuman kemasan yang dipotong menjadi dua. Kertas origami digunakan untuk mendesain bilangan dengan motif bunga. Bagian tengah merupakan bilangan utama, sedangkan bagian tepi merupakan faktor dari bilangan utama,” ungkap Andi.