DIKLAT DSD KE 10 : DARI PENGEMBARAAN HINGGA PENGABDIAN

Karanganyar- Pelaksanaan agenda Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Dewan Sugli Daerah Ke 10 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Surakarta berakhir dengan haru. Para peserta langsung meluapkan tangis manakala barisan panitia menyambutnya di depan pintu lapangan Mangkunegaraan lengkap dengan bendera Muhammadiyah dan Hizbul Wathan. Mereka baru saja menyelesaikan pengembaraan selama empat hari mulai dari tanggal 25-28 Desember 2019. Dibagi menjadi dua metode yaitu ruangan diĀ  SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan lapangan di Kawasan Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar.

Selain itu peserta yang semuanya merupakan kelas 10 tersebut juga berhasil menempuh jalan kaki sejauh 41 km, mulai dari start di telaga Madirga dan finish di Pura Mangkunegeraan. Kegiatan pada DIKLAT KE 10 ini sendiri lebih dititikberatkan pada pemberian materi tentang teknik kepanduan dan bina karya mandiri.

Untuk teknik kepanduan mulai dari Sejarah hizbul wathan hingga IMPK diisi oleh Ramanda dan Ibundari Kwarda Hizbul Wathan Surakarta sedangkan BKM, peserta langsung terjun ke masyarakat dengan melakukan dan membantu aktivitas masyarakat di Dusun Gero, Karang, Kabupaten Karanganyar. Tak hanya itu aktivitas hari ketiga yang banyak diisi dengan berbaur dengan masyarakat mulai dari bercocok tanam, berternak sapi, membuat kandang burung, hingga mencangkul di sawah. Juga dilaksanakan reboisasi di sekitar hutan istana kampung gung dengan menanam tiga puluh tanaman berjenis eucalyptus.