Thursday, 28 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Perkuat Karakter, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kembali Gelar Kajian

Perkuat Karakter, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kembali Gelar Kajian

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta kembali memggelar kajian Islami pada hari sabtu (15/4). Kegiatan ini bertema “Muslimah Character Building” dengan pembicara Ustazah Triana Rahmawati S.Sos., M.Sos.

Kegiatan kajian Islami tersebut bertempat di Mushola SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Kajian dibuka dengan tilawah surat Al-Baqarah ayat 183-184 yang dibawakan oleh Chairiyah Nida Amani, siswi kelas XI MIPA 2.

Dalam tausyiahnya Ustazah Triana mengawali dengan memberikan pengertian mengenai karakter. Menurutnya, karakter adalah kumpulan dari tingkah laku baik seorang anak manusia.

Pentingnya sebuah karakter dimiliki oleh seseorang yaitu karena pertama, perintah Allah sebagai khalifah di muka bumi. Kedua, sebagai salah satu pembentuk kualitas diri.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa karakter seseorang berubah disebabkan oleh tiga hal. Yaitu status, peranan, dan tanggung jawab.

“Bagaimana cara membangun karakter, yaitu dengan membentuk attitude. Tidak cukup hanya sekedat sifat baik, tidak lengkap hanya punya perilaku baik. Sifat baik harus ditata, dirancang, dan diarahkan,” ujar Ustadzah Triana.

Karakter baik tersebut akan membawa seseorang menuju kesuksesan. Mulai dengan mengubah kebiasaan kecil yang kurang baik.

“Semua bisa berubah kalau kita tahu apa yang harus kita ubah. Untuk bisa berubah diperlukan kekonsistensian diri,” imbuhnya.

Ia menyebut bahwa manusia memiliki tiga karakter dasar. Yaitu tidak egois, jujur, dan disiplin. Apabila seseorang memiliki tiga karakter dasar tersebut, maka akan tercipta hidup yang selaras.

Di penutup tausyiahnya, Ustazah Triana berpesan kepada siswa bahwa agar bisa sukses, tidak hanya karakter baik saja yang diperlukan. Tetapi juga harus selalu melibatkan Allah dalam segala hal yang akan dilakukan.

Ditulis oleh : Hendro Susilo (Pengajar di SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta)

INFORMASI TERKAIT

All
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...
/ 20 Agustus 2023

Proyek P5 Kebhinekaan Global: Mengenal Konsep Pagelaran Budaya Indonesia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Budaya merupakan suatu hasil cipta karya dan karsa pada lingkungan masyarakat. keberadaan budaya memiliki suatu ciri khas yang terdapat pada suatu daerah. Keberadaan budaya yang beraneka ragam...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU