Thursday, 21 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Kenalkan Dunia Broadcasting, Murid SD Muh PK Solo Kunjungi Radio Mentari FM

Kenalkan Dunia Broadcasting, Murid SD Muh PK Solo Kunjungi Radio Mentari FM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Peserta ekstrakurikuler jurnalistik SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat melakukan pelatihan broadcasting radio di studio Radio Mentari FM, yang berlokasi di Gedung Balai Muhammadiyah, Jalan Teuku Umar No. 5 Surakarta, Sabtu (11/3/2023).

Kunjungan praktik broadcasting diawali dengan pembukaan dan sambutan dari pelatih ekstrakurikuler jurnalistik sekaligus crew Radio Mentari FM, Indunk Salvadilla.

Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi ketertarikan dan minat peserta ekstrakurikuler jurnalistik mengenai industri radio broadcasting.

“Informasi penyiaran memiliki pengaruh yang sangat besar untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Konten yang menarik dan tidak membosankan akan memiliki nilai tersendiri saat informasi disiarkan, tentunya tanpa mengubah fakta yang ada,” imbuhnya saat sambutan berlangsung.

Kegiatan pelatihan broadcasting dilanjutkan dengan pengenalan alat-alat yang berada di ruang penyiaran. Peserta ditunjukkan tombol-tombol yang akan ditekan ketika siaran sedang berlangsung secara offline maupun online.

Tak lupa, peserta juga dibekali tips bagaimana menjadi penyiar yang baik. Percaya diri saat melakukan siaran di depan mic dan mixer radio, kreatif memilih redaksi kata, serta mengatasi rasa gugup saat berbicara.

Cattleya Aysha Ailaniarka Diandra, salah satu peserta ekstrakurikuler jurnalistik menyampaikan kegembiraannya saat mengikuti praktik langsung siaran radio.

“Awalnya aku merasa gemetar saat duduk dikursi penyiaran, saat mulai bicara aku sangat kagum ternyata suara yang dihasilkan mixer radio menjadi lebih nyaring, jernih, dan enak didengar,” ungkapnya.

Kegiatan selanjutnya, peserta diajak memasuki ruang recording. Di sinilah peserta diberi teknik pelatihan dan praktik langsung cara merekam suara dengan kualitas yang alami, jernih, dan bersih.

Salah satu penyiar Mentari FM, Jihan Syafira mengutarakan deskripsi ruang recording.

“Syarat utama ruangan recording, yaitu insulasi suara di mana suara yang direkam harus memiliki kualitas yang baik dan terhindar dari cacat suara akibat pantulan dan resonansi internal recording,” terangnya.

Di akhir kegiatan, setiap peserta diajak merekam suaranya sendiri dengan bimbingan dan bantuan staf Radio Mentari FM. Rekaman yang dihasilkan nantinya akan di-review dan direfleksi untuk pelatihan broadcasting tahap berikutnya.

Ditulis oleh : Nikmah Hidayati (Kaur Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta)

INFORMASI TERKAIT

All
/ 13 September 2023

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Medali di Kompetisi Sains Nasional

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyabet juara dalam kompetisi sains tingkat nasional. Babak final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) tersebut digelar secara offline di...
/ 7 September 2023

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Kunjungi UGM

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Pada Rabu, 6 September 2023, SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan kunjungan belajar ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan supaya para siswa dapat...
/ 23 Agustus 2023

Mengenali Dampak Merokok Melalui Praktikum Manfaat dan Bahaya Zat Kimia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Rokok menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda. Kurangnya informasi berkaitan dengan bahaya rokok menjadi salah satu faktor menghindari asap rokok. Faktor lingkungan seperti menjadi tuntutan pada generasi...
/ 20 Agustus 2023

Belajar Demokrasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Berkunjung ke DPRD Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Seluruh siswa kelas XI mengunjungi DPRP Surakarta, Jumat, (18/8/2023). Bersama para guru Tim kelas XI, mereka begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung. Bertempat di ruang anggaran,...
/ 20 Agustus 2023

Proyek P5 Kebhinekaan Global: Mengenal Konsep Pagelaran Budaya Indonesia

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Budaya merupakan suatu hasil cipta karya dan karsa pada lingkungan masyarakat. keberadaan budaya memiliki suatu ciri khas yang terdapat pada suatu daerah. Keberadaan budaya yang beraneka ragam...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU