SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Memotret Keberagaman Masyarakat Solo

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Peserta didik SMA Muhammadiyah Progam Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melaksanakan kegiatan Proyek di Surakarta dengan topik Potret Keberagaman Masyarakat Surakarta (Jum’at, 12/08/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan program kurikulum merdeka, yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai pulau dengan bermacam suku/etnis, ras, agama, bahasa, budaya, dan adat istiadat. Keberagaman tersebut merupakan kekayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Keberagaman masyarakat Indonesia dibingkai dalam “Bhineka Tunggal Ika”.

Siswi SMA Muhammadiyah PK Kottabarat
Siswi SMA Muhammadiyah PK Kottabarat memotret keberagaman masyarakat Solo, Jumat (12/8/2022).

“Bhinneka Tunggal Ika” dapat dimaknai bahwa meskipun berbeda-beda, tapi tetap satu juga, yaitu Indonesia. Makna lain adalah, walaupun bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan, adat-istiadat agama, dan bahasa yang bermacam-macam, serta terdiri dari kepulauan wilayah negara Indonesia, tapi keseluruhannya itu adalah suatu persatuan bangsa dan negara Indonesia.