Kajian Tarjih Online UMS dengan tema Awal Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali adakan kajian tarjih rutin pada Selasa (22/2/22) dengan mengambil tema “Awal Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha serta Persiapan Menyambut sesuai Sunnah” mengacu pada maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1 tahun 2022.

Dr. Syamsul Hidayat selaku wakil ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan hasil ketetapan hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah, “Penetapan awal Ramadhan, awal Syawal, dan awal Dzulhijjah itu didasarkan pada hisab haqiqi wujudul hilal,” ujar Syamsul.

Ijtima’ menjelang bulan Ramadhan akan terjadi pada 1 April 2022 bertepatan 29 Sya’ban 1443 H pada pukul 13:27 WIB dan pada saat matahari terbenam, posisi hilal masih -7 derajat 48 menit. Kemudian pada hari berikutnya yaitu 2 April 2022 hilal sudah berada di atas ufuk 2 derajat 18 menit 12 detik, sehingga hilal dapat dikatakan sudah wujud.

Syamsul Hidayat juga sampaikan kemungkinan akan ada persamaan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dengan Pemerintah dan Nahdlatul ‘Ulama. “Apabila hilal sudah di atas ufuk 2 derajat maka itu sudah termasuk Imkanur Rukyah, ini adalah pandangan Kementerian Agama dan Nahdlatul ‘Ulama,” Ujarnya