Thursday, 28 September 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
  • Home
  • Berita
  • Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Ratusan Murid SD Muh PK Kottabarat Gelar Lomba 17-an
Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Ratusan Murid SD Muh PK Kottabarat Gelar Lomba 17-an

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Ratusan Murid SD Muh PK Kottabarat Gelar Lomba 17-an

 

SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Ratusan murid SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan lomba khas 17-an dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Rabu (16/8/3/2023).

Dengan mengambil tema “Belajar dan Berkarya untuk Indonesia Maju” kegiatan lomba kali ini menghadirkan 11 jenis perlombaan di antaranya: lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba menyanyi grup, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba fashion show, lomba sendok kelereng, lomba menangkap belut, lomba joget balon, lomba cerdas cermat, lomba membaca puisi, dan lomba majalah dinding.

Ayu Retnoningsih Rahayu Sunarsih, selaku ketua panitia pelaksana, menyampaikan tujuan lomba ini untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air serta mewujudkan karakter murid agar memiliki jiwa kompetisi yang sportif, jujur, dan bertanggung jawab.

“Menanamkan rasa cinta tanah air merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka. Kekompakan dan semangat yang dimiliki para murid mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka, sudah sepantasnya kegiatan ini kita laksanakan,” tambahnya.

Nampak kegembiraan terpancar dari wajah para murid yang berlarian menempati ruang perlombaan. Sorak-sorai para suporter lomba menghiasi kemeriahan lomba yang dihadirkan. Terlihat beberapa orang tua murid turut serta menyaksikan lomba memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia yang diselenggarakan di lingkungan sekolah.

Erna Sri Parwanti, selaku wali murid Maheswari Kenes Setiyawan, mengungkapkan rasa terkejutnya akan pilihan lomba yang diikuti anaknya.

“Ustaz-ustazah memberikan kebebasan pilihan perlombaan yang akan diikuti anak-anak, baru pertama kali saya melihat anak saya begitu excited mengikuti lomba fashion show. Harapannya, lomba seperti ini tidak hanya berlangsung dalam sekali momen saja tetapi bisa dilaksanakan secara continue,” terangnya.

Setiap jenis perlombaan terdapat tiga guru yang berperan sebagai penanggung jawab acara untuk menilai hasil perlombaan murid. Penilaian dilakukan secara transparan karena kriteria penilaian perlombaan sudah terlebih dahulu disosialisasikan kepada orang tua murid satu minggu sebelum acara berlangsung. Rencananya hasil perlombaan ini akan diumumkan saat upacara bendera hari Senin (21/8/2023).

Salah satu peserta lomba memasukkan pensil dalam botol, Abrisam Alaric Putra Satriya, merasa sangat antusias mengikuti lomba 17-an kali ini.

“Setiap murid diberi kesempatan untuk mengikuti satu jenis perlombaan. Sejak kelas I dan II aku selalu ikut lomba cerdas cermat, tahun ini aku ingin merasakan bertanding dalam permainan memasukkan pensil dalam botol,” ungkapnya dengan nada semangat.

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 17 Agustus 2023

Sambut Hari Kemerdekaan RI, UMS Gratiskan Biaya Pendaftaran PMB

  SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus bertempat di halaman depan gedung Induk Siti Walidah UMS yang diikuti oleh segenap staf,...
/ 16 Agustus 2023

Menggapai Keseimbangan: Kenaikan Gaji ASN dan Pensiunan dalam Perspektif Penanggulangan Kemiskinan

SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Kenaikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan adalah isu yang sering kali mencuri perhatian dalam ranah publik. Namun, dalam konteks kenaikan ini, penting bagi pemerintah...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU