Tuesday, 3 October 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Kurikulum Merdeka Pelayanan Pembelajaran Sesuai Profil Pancasila

Kurikulum Merdeka Pelayanan Pembelajaran Sesuai Profil Pancasila

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dinamika perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan harus selalu berubah. Hal tersebut bertujuan agar siswa sebagai output dunia pendidikan selalu mampu memenuhi tuntutan perkembangan zaman.

Ini disampaikan oleh Kepala Sekolah Penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Sri Sayekti, dalam kegiatan In House Training Kurikulum Merdeka yang bertajuk menjadi guru yang tanggap perubahan untuk menyongsong era merdeka belajar di Ruang Aula SDIT Az-Zahra Islamic Talent School Sragen (ITS) yang terletak di Kampung Dukuhan RT 001/RW 004, Kelurahan Ngloroh, Sragen. Sekolah ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Lembaga Bakti Muslim (YLBM) Al Falah Sragen.

“Kurikulum ini dibuat dengan tujuan agar pendidikan Indonesia bisa seperti di negara maju, yang mana siswa diberi kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran,” ucap Sri Sayekti, Sabtu (28/1/2023).

Kurikulum merdeka berlandaskan pada tujuan sistem pendidikan nasional dan standard nasional pendidikan. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru yang di tetapkan pemerintah untuk menggantikan kurikulum 2013.

Kurikulum merdeka memberi ruang untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan karena memberi ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi dan memaksimalkan potensi dirinya. Selain itu tujuan kurikulum merdeka adalah mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19

“Kurikulum Merdeka memberikan pelayanan pembelajaran sesuai Profil Pelajar Pancasila,” jelas Sayekti, sapaan akrabnya.

Sayekti membeberkan, Beberapa hal yang menjadi ciri khas kurikulum merdeka adalah berbasis projek dan karakter artinya pembelajaran lebih berfokus pada pemerolehan pengetahuan melalui praktikum atau percobaan istilahnya learning by doing.

“Jadi siswa tidak hanya menghafal suatu konsep melainkan terlibat untuk mengamati suatu fenomena tentang suatu konsep. Pembelajaran inilah yang akan menjadikan anak belajar bermakna. Model pembelajaran yang sering di gunakan akan berbasis penemuan atau solusi,” jelasnya.

Ciri khas yang profil pelajar pancasila kedua adalah fokus pada materi essensial artinya kurikulum merdeka guru mengajarkan materi –materi yang lebih sederhana sehingga bisa mendalami materi pelajaran tanpa harus terburu-buru masuk ke materi selanjutnya. Terdapat waktu yang lebih untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar. Contohnya literasi dan numerasi.

Ciri khas yang ketiga adalah fleksibilitas bagi guru dan murid untuk bisa melakukan pembelajaran yang terdeferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik. Tentunya kemampuan setiap anak berbeda-beda. Tugas guru adalah menilai awal kompetensi peserta didik dan memfasilitasinya.

“Dari berbagai keunggulan kurikulum merdeka maka guru sebagai aktor utama dalam kegiatan belajar harus menguasai berbagai hal terkait implementasi kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran baik assesmen diagnostik, penyajian materi, pengelolaan kelas serta proses penilaiannya untuk menunjang suksesnya tujuan pembelajaran,” imbuhnya.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan in House Training ini, yakni Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Imam Priyanto dan Staf Kurikulum Sri Martono Lanjarsari. Diikuti sebanyak 56 guru, baik guru kelas maupun guru mata pelajaran.

Ditulis oleh : Jatmiko

INFORMASI TERKAIT

All
/ 23 September 2023

Sekolah yang Baik Percontohan Sekolah Sehat

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – SD Muhammadiyah 1 Ketelan terima tim Verifikator Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023. Kepala Sekolah Sehat, Sri Sayekti menyambut baik verifikasi tersebut, Senin (18/9/2023). Menurutnya, latar belakang Kota Sehat...
/ 18 September 2023

BUM Smart SD Muhammadiyah 1 Solo Diresmikan

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Badan Usaha Milik SD Muhammadiyah 1 Solo diresmikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta KH Drs Anwar Sholeh MHum, Jumat (15/9/2023). Peresmian ini di sela acara...
/ 18 September 2023

Milad Ke-88, SD Muhammadiyah 1 Solo Menggelar 24 Pentas Seni Pelajar Pancasila

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, mengungkapkan rasa syukurnya karena SD Muhammadiyah 1 Surakarta telah menjadi sekolah penggerak diusianya yang sudah 88 tahun pada tanggal 16 September 2023....
/ 8 September 2023

Perkuat Profil Pelajar Pancasila Melalui Model PjBL pada Mapel Matematika

  SURAKARTA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Kurikulum Merdeka berfokus pada kreatifitas dan kebebasan berpikir murid dalam mengeksplorasi dan menggunakan ide pada pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat murid. Kurikulum ini juga...
/ 7 September 2023

Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Sekolah Penggerak Berkemajuan (SPB) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta atau dikenal dengan nama SD Muh 1 meluncurkan 24 kelas inspirasi, Selasa (5/9/2023). Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU