Tim Pengabdian UMS, Adakan FGD Penguatan Prokes

 

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Tim Pengabdian UMS adakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Implementasi Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Pertemuan Tatap Muka (PTM) selama Pandemi COVID-19 bersama Sekolah-Sekolah Muhammadiyah, Kartasura, Sukoharjo. Tim Kolaborasi yang terdiri dari Fakultas Geografi, Fakultas Ilmu Kesehatan serta Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS itu di Ketuai oleh Dr. Choirul Amin dengan mengambil tempat pertemuan, di Gedung Dakwah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sidokerto RT 1/IV Gumpang Kartasura pada Sabtu yang lalu (06/08/2022).

Menurut Choirul, saat ini sekolah telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya dinyatakan berakhir. Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Kemendikbud Ristek menyebutkan bahwa setelah pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan divaksin COVID-19 secara lengkap, satuan pendidikan wajib menyediakan layanan pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). ”Oleh karena itu, maka perlu penguatan implementasi prokes di sekolah-sekolah,” papar Choirul.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, lanjut dia, didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2022. Acara FGD dihadiri oleh pimpinan Majelis Dikdasmen PCM Kartasura dan 11 kepala sekolah-sekolah Muhammadiyah Kartasura dan yang terdiri dari 6 Kepala Sekolah tingkat SDIT/MIM, 3 Kepala Sekolah tingkat SMP, 1 Kepala Sekolah tingkat SMK dan 1 Kepala Sekolah tingkat SMA yang dilakukan dengan menerapkan prokes pencegahan Covid-19.