Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 23 Semanggi Outing Class di Industri Karak

www.muhammadiyahsolo.com Siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 23 Semanggi adakan outing class dengan mengunjungi industri karak di Dusun Ngemplak RT 04/07, Gadingan, Sukoharjo pada Jum’at (11/10/2019). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut penerapan Kurikulum 13 (K13) dan penerapan metode pembelajaran scientific.

“Kegiatan ini diadakan sehubungan dengan Tema 4 Subtema 1 tentang jenis-jenis pekerjaan, agar peserta didik lebih mengetahui salah satu bidang pekerjaan,” kata Syarif, guru kelas 4B. Bidang pekerjaan industri karak ini dipilih karena di daerah tersebut memang menjadi pusat industri karak dan letaknya tidak terlalu jauh dari SD Muhammadiyah 23.

Industri karak milik Pak Kusno ini merupakan industri turun temurun dari tahun 1990an. Setiap harinya bisa menghasilkan 75 kg hingga 1 kwintal gendar. “Kalau sedang musim kemarau seperti saat ini bisa produksi banyak karena penjemuran karak menjadi lebih cepat,” kata Pak Kusno.

Peserta didik dengan antusias bergantian melihat proses produksi karak, mulai dari mengukus beras, menumbuk beras, diletakkan dalam cetakan, diiris tipis, hingga penjemuran. Agar menghasilkan karak yang baik, maka harus dijemur hingga benar-benar kering.