Tuesday, 3 October 2023
HOTLINE: (0271) 653 025 / 081234 567 890
Siswa SD Muhammadiyah 8 Surakarta Kunjungi MTs Muhammadiyah Surakarta

Siswa SD Muhammadiyah 8 Surakarta Kunjungi MTs Muhammadiyah Surakarta

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Surakarta kedatangan rombongan siswa kelas VI dari SD Muhammadiyah 8 Surakarta, Jumat (27/01/2023).

Kunjungan ini bertujuan untuk menyambung silaturahmi sekaligus menjadi salah satu program dari tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.  Program tersebut yaitu sosialisasi dan ESQ untuk mengenalkan Madrasah kepada masyarakat luas khususnya siswa-siswi SD/MI di kota Surakarta.

Kedatangan siswa disambut antusias oleh para keluarga besar MTs Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Ar Rohman ini diikuti seluruh siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 beserta pendampin dan seluruh siswa beserta Bapak/ibu guru MTs Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 WIB, sebelum mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa MTs Muhammadiyah Surakarta menjalankan rutinitas seperti biasa, yaitu salat duha berjamaah.  Setelah salat, siswa membaca doa salat duha dan bacaan salat yang dipandu oleh ustaz Retduwan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Talaqi bersama-sama dengan siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surakarta yang dipandu oleh ustazah Hasni.

Pukul 08.00 WIB kegiatan harian siswa MTs Muhammadiyah Surakarta selesai dan kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti KBM. Kegiatan pembentukan karakter dan akhlak yang setiap pagi dilakukan ini bisa menjadi motivasi siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surakarta.

Setelah itu, kegiatan silaturahmi dibuka oleh pembawa acara ananda Aisyah Adz-Dzakiyah dari kelas 7 pondok. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda Sabrina dan Hafalan surat Juz 29 oleh ananda Shafi’, keduanya juga merupakan siswa kelas 7 pondok.

Kegiatan silaturahmi diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah, Sumarman. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungannya terhadap tim PPDB atas terselenggaranya kegiatan silaturahmi ini untuk sosialisasi madrasah. 

“Saya sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini dengan tujuan kedepannya dapat menjalin silaturahmi dengan SD Muhammadiyah se-Surakarta untuk mengenalkan program dari Madrasah itu sendiri,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, dilanjutkan dengan sambutan dari pendamping siswa SD Muhammadiyah 8 Surakarta yaitu Tri Undari. Beliau mengatakan bahwa untuk sosialisasi kali ini siswa SD Muhammadiyah 8 berkunjung ke MTs Muhammadiyah Surakarta dengan harapan bisa mengenal lebih dalam tentang Madrasah sekaligus siswa bisa mengetahui lokasi madrasah juga.

“Semoga setelah kegiatan ini anak-anak bisa mengenal MTs Muhammadiyah Surakarta dan mengetahui lokasinya berada di mana. Selain itu, juga berharap dengan kegiatan ESQ ini bisa membuat  anak-anak kelas  VI menjadi lebih baik dan soleh/sholehah,” ujarnya. 

Kemudian pukul 09.00 WIB acara inti Emotional and Spiritual Quotiens (ESQ) yang dipandu oleh Ustaz Retduwan selaku Wakil Kepala (Waka) Keislaman dan Kemuhammadiyahan. Suasana haru menyelimuti kegiatan tersebut, terlihat seluruh siswa larut dalam kegiatan ESQ hingga ada beberapa siswa yang menangis tersedu.

Zidan, salah satu siswa dari SD Muhammdiyah 8 Surakarta mengaku senang mengikuti kegiatan kunjungan di MTs Muhammadiyah Surakarta. Selain bisa melihat lokasi madrasah secara langsung, dia juga bisa mengetahui beberapa kegiatan yang ada di Madrasah. Diapun juga menjadi salah satu siswa yang tertarik untuk mendaftar di MTs Muhammadiyah Surakarta sebagai calon murid baru di tahun ajaran 2023/2024.

“Senang ikut kunjungan ke MTs Muhammadiyah Surakarta dan menjadi tau kegiatan apa saja yang ada di madrasah ini, apalagi setelah mengikuti ESQ saya sempat menangis. Saya juga sudah mendaftar di MTs Muhammadiyah Surakarta,” ungkapnya dengan tersenyum.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi ramah tamah yang di isi oleh Hafidz Rahmawati selaku ketua PPDB di MTs Muhammadiyah Surakarta. Pada sesi ini di isi dengan permainan dan penyampaian program sekolah serta tanya jawab berhadiah. Beliau berharap bahwa dengan kegiatan ini bisa memberikan gambaran tentang MTs Muhammadiyah Surakarta kepada siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surakarta dan menjadi pilihan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Program ini merupakan salah satu media untuk sosialisasi dalam mengenalkan Madrasah kepada masyarakat luas. Salah satunya dari SD Muhammadiyah 8 Surakarta, semoga dengan kegiatan ini siswa SD Mapan bisa mengenal MTs Muhammadiyah Surakarta dan bisa menjadi pilihan siswa untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya,” pungkasnya. 

Acara pagi ini kemudian ditutup dengan pemberian hadiah dan voucher beasiswa dilanjutkan dengan makan bersama.

Ditulis oleh :

INFORMASI TERKAIT

All
/ 10 Juni 2023

MTs Muhammadiyah Surakarta Gelar Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – MTs Muhammadiyah Surakarta menggelar Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz, Kamis (8/7/2023). Acara berlangsung di Aula MTs Muhammadiyah Surakarta dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IX yang didampingi oleh...
/ 25 Mei 2023

SMP Muhammadiyah PK Solo Terima Kunjungan dari Sekolah Asal Boyolali

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Upaya peningkatan manajemen sekolah, SMP Muhammadiyah 1 PK Boyolali melakukan kunjungan studi banding di SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta pada Rabu (24/5/2023). Rombongan tersebut terdiri...
/ 15 April 2023

Ramadan, MTS Muhammadiyah Surakarta Adakan Kajian, Buka Bersama dan Berbagi Takjil untuk Masyarakat Sekitar

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Waka Al-Islam dan Waka Humas Kemuhammadiyahan MTS Muhammadiyah Surakarta menggelar kegiatan kajian, buka bersama serta berbagi takjil  yang bertempat di Asrama Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan MTs Muhammadiyah...
/ 24 Maret 2023

Siswa MTs Muhammadiyah Surakarta Antusias Ikuti Rangkaian Kegiatan Tarhib Ramadan

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, MTs Muhammadiyah Surakarta menggelar Tarhib Ramadan, Selasa (22/03/2023). Kegiatan diikuti seluruh siswa, guru, dan karyawan MTs Muhamadiyah Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan...
/ 17 Maret 2023

MTs Muhammadiyah Surakarta Gelar Sosialisasi dan Simulasi Siaga Bencana Bersama MDMC

SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM – Dalam rangka mengurangi resiko bencana, MTs Muhammadiyah Surakarta menggelar sosialisasi dan simulasi siaga bencana, Jumat (17/03/2023). Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan tim Muhammadiyah Disaster Manajemen Center...

Diskusi

Galeri Video

GALERI FOTO

TERBARU