Awal Mula Berdirinya SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta

AWAL BERDIRINYA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Pada Tanggal 1 Agustus 1952 dengan Surat Keputusan Muhammadiyah bagian pengajaran cabang Surakarta SLTP Muhammadiyah 1 Surakarta secara resmi berdiri dengan status swasta penuh dan berlokasi sebagian dikomplek perguruan Simpon dan sebagian di komplek di Kemlayan dengan Kepala Sekolah Bapak Hadisumarno. Di komplek perguruan simpon pada waktu itu ditempati 3 sekolah yakni SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 3 masuk pagi, dan SPG Muhammadiyah 1 Masuk sore.

Di tahun 1955 SMP Muhammadiyah mendapatkan status baru yakni swasta berbantuan dengan kepala sekolah Bapak Kirmadi Hendrosisiwarno dimutasikan ke SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, maka yang menjabat Kepala Sekolah adalah Bapak Hardiyanto. selanjutnya pada bulan Agustus 1965 berstatus swasta bersubsidi penuh NO. SK 5440/B-s/B.I dengan Kepala Sekolah Bapak Soeyoto yang berstatus guru negeri diperbantukan. pada tahun 1960 Bapak Soeyoto dimutasikan ke SMP negeri 4 Surakarta, maka ditunjuk pejabat kepala sekolah yang baru yakni Bapak Soekirno, BA.

Pada Tahun 1960 Bapak H. Abdul Aziz Markumi, BA ditunjuk sebagai kepala sekolah difinitif dengan SK E 6313/IISP/Sep/68. sedangkan Bapak Soekiryono BA ditunjuk sebagai kepala sekolah SMP Muhammadiyah 3 Surakarta. kemudian pada tahun 1972 Pimpinan Muhammadiyah Majelis Pendidikan dan Kebudayaan Kodia Surakarta mengambil keputusan memadatkan SMP Muhammadiyah 1 dan 3 Surakarta dipadatkan menjadi satu dengan nama SMP Muhammadiyah 1 bersubsidi di Surakarta.
sedangkan SMP Muhammadiyah 3 Surakarta dengan status perbantuan diberikan kepada SMP Muhammadiyah yang berlokasi di Pasar Kliwon Surakarta (Dulu SMP Wustho) sedang Bapak soekiryono pindah tugas di SPG Muhammadiyah 1 Surakarta. mulai saat itu SMP Muhammadiyah 1 mulai berkembang baik dan melangkah dengan kelengkapan sarana dan prasarana maupun mutu dan kwalitasnya.